Review Kawasaki KR1R / KR1S “Motor 2Tak Terkencang!”

kr1s brochure 1

Hari ini dunia otomotif ramai dengan motor ZX-25 yang baru rilis, gimana kalo bahas 250cc 2T nya Kawasaki, yaitu kawasaki KR1R / KR1S.

Kawasaki KR1R / KR1S

Kawasaki KR-1 dan KR-1S berorientasi sepeda motor 249 cc two Stroke yang diperkenalkan antara tahun 1988 dan 1992 oleh Kawasaki Heavy Industries.

Berbeda dengan rentang TZR, NSR, dan RGV yang sedang bersaing pada masa itu, KR-1 tidak terinspirasi oleh motor balap produksi Kawasaki, karena mereka tidak membangun atau membalap. Meskipun demikian, Kawasaki membuat KR-1 sehingga mereka dapat memanfaatkan pasar 2 Stroke seperempat liter yang sangat kompetitif.

kr1s brochure 4

Kelas sepeda motor Japan Domestic Market paling penting di akhir 1980-an dan awal 1990-an. Kawasaki adalah yang pertama dari ’empat besar’ Jepang yang menghentikan produksi 250cc Two Strokenya, yaitu terhenti di KR-1 pada tahun 1992. Mereka juga satu-satunya pabrikan yang pada akhirnya tidak memproduksi V-twin untuk kelas ini, KR-1 mempertahankan twin paralelnya, sepanjang produksi jangka pendeknya mereka tidak pernah mengeluarkan pembaruan.

KR-1 disebut-sebut sebagai yang tercepat di kelasnya. Itu adalah sepeda balap yang sangat populer. Mengingat hal-hal di atas, KR-1 dalam kondisi baik telah menjadi sangat langka, KR-1R dengan mudah menjadi yang paling langka dari semua 250cc 2 Stroke.

Pada tahun 1988, Kawasaki memproduksi sepeda motor replika balap jalanan. Model awal adalah seri B1, B2
dari KR-1. Pada tahun 1989, karena keberhasilan penjualan dan model terbaru dari produsen yang bersaing (RGV,
NSR, TZR) KR-1 (seri B) berevolusi menjadi KR-1S dan KR-1R (seri C, D). C1, C2, C3 dan D1, model D2 berbagi mesin yang sama (pembaruan kecil) dan bodywork (varian warna berbeda) dari KR-1 sebelumnya. Model S dan R sedikit berbeda dalam konstruksi rangka, roda, rem, dan varian warna

Mesin untuk semua model KR-1 adalah motor dua-silinder, reed valve induksi two stroke dari 249 cc
(agak mirip konfigurasi Yamaha TZ / TZR sebelumnya). Twin paralel 180 °. Pengiriman daya diperluas dengan penggunaan pengaturan Kawasaki Integrated Powervalve System (K.I.P.S.)

Total produksi semua model dalam seri KR-1 (B / C / D) kurang dari 10.000 unit di seluruh dunia. Rendahnya jumlah produksi telah meningkatkan kolektibilitas.
Pasar di seluruh dunia untuk penjualannya adalah Jepang, Inggris (UK), Eropa, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan (Amerika Serikat tidak termasuk karena pembatasan emisi).
Dianggap paling tidak berhasil dari empat Replika Balap Jepang 250 cc (dalam hal penjualan).

Seri KR-1 terkenal untuk penanganan yang sangat baik, karena bobotnya yang ringan dan tapi agak sulit untuk dimodifikasi & meningkatkan output daya mesin. Tapi tetap terbukti menjadi yang tercepat dari semua model 250 cc
(Suzuki RGV250, Yamaha TZR250, Honda NSR250R, Aprilia RS250) dengan kecepatan tertinggi 139 mph (225 km / jam) – diuji oleh Majalah Performance Bikes dan kemudian di Bonneville Speedway (Produksi Tercepat Dunia untuk 250 cc)

KR-1R (model D1, D2) dijual hanya untuk pasar Jepang sebesar 599.000 yen (559.000 yen untuk S model)

‘R’ adalah untuk bersaing dengan model SP yang lebih berorientasi pacuan kuda dari RGV.NSR (SE / SP), TZR
‘R’ menampilkan karburator yang lebih besar (35 mm) dan gearbox rasio dekat, dan hanya masuk varian warna Ebony / Green (Black / Green).

Di Selandia Baru, khusus untuk balap produksi, varian Sports Production (SP / C3A) dari S model diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, (kurang dari 12 unit) SP adalah berdasarkan pada model A ‘ dan dilengkapi dengan karburator 35 mm dari model R, modifikasi portingan silinder dan rasio kompresi

Warna :

Lime Green/Polar White (B1, B2)

Firecracker Red/Polar White (B2)

Ebony/Metallic Zeus Blue (C1, C2)

Ebony/Lime Green (C1, C2)

Lime Green/Blue 24/Pearl Alpine White (C3/C3A)
Firecracker Red/Pearl Gentry Gray (C3)

Lime Green/Pearl Alpine White (C3)

Ebony/Lime Green (D1, D2)

Source : Facebook Jefri Wijaya

kr1s brochure 4